2011, Tahun dimana gw banyak belajar….

Seperti biasa, rutinitas akhir tahun menuliskan tentang catetan tahunan. Ngereview sedikit tentang apa yang gw dapet di tahun 2011 lalu. Gw cukup senang, karena sebagian resolusi gw terlaksana. Banyak hal baik dan buruk yang terjadi dalam hidup gw, tapi semua itu gw maknai sebagai pembelajaran, sebuah proses kedewasaan, sebuah proses menjadi bijak dalam hidup, sebuah proses untuk menjadi lebih baik.

Januari 2011.

Skripsi, tak hanya sekedar masalah karya ilmiah tetapi tentang ketekunan, kerendahan hati, disiplin dan tanggung jawab.

Saat-saat gw menyiapkan diri untuk mengerjakan skripsi. Akhirnya gw bisa buat bokap gw berbangga dengan gelar Sarjana Sosial yang gw dapet kan. Pengerjaan skripsi ini pun ga berjalan mulus, ada beberapa hal yang salah (menurut gw) tapi benar menurut kampus. Untung nya gw dapet pembimbing yang buat gw beliau sangat bijak, memiliki sebuah kerendahan hati, dan terus terang dari beliau ini lah gw belajar tentang kerendahan hati untuk mengakui kekurangan diri. Dari pada iri dengan kelebihan yang di miliki orang lain, lebih baik kita memiliki kerendahan hati untuk mengakui kelemahan kita dan kita belajar.

Sejujur nya di bulan Februari 2011 anak-anak udah pada sibuk dengan skripsi mereka, sementara gw karena berbagai masalah dan perdebatan gw baru bener-bener mengerjakan skripsi di bulan Maret akhir. Dan gw harus mengumpulkan skripsi itu di bulan Mei. Waktu gw hanya ada satu bulan setengah. Gw ga menyalahkan pembimbing, karna secara fatal memang salah gw yang terlalu terfokus pada pembimbing yang satunya. Bulan Mei kumpul,Juni tanggal 10 gw sidang. Hari penentuan di mana gw bisa meminang gelar S.Sos atau tidak. Hari penentuan apakah gw akan membentuk sebuah garis lengkung untuk papa. Dan di hari itu gw berhasil meminang S.Sos. gw berhasil mengangkat satu beban papa J.

Pesan dari dosen pembimbing gw

“ kamu salah satu anak bimbing ku yang ajaib. Satu pesan saya, kamu harus lebih belajar lagi memenage waktu mu, karena ketika kamu di kejar deadline karna kamu tidak mengatur waktu mu dengan baik, kamu memberikan tekanan kepada banyak orang, dan itu ga baik untuk karir mu”

“kalau kamu mau cari kerja langsung ke perusahaan yang besar, cari tekanan yang besar, jangan yang kecil-kecil. Jadi ketika kamu nanti berpindah kerja kamu ga kaget lagi dengan tekanan-tekanan yang ada. Jika ada beberapa pembelajaran ABC, hal yang paling kamu kuasai adalah B, C, A. kamu harus belajar menyukai A dan C, mungkin kamu ga akan menjadi seorang ahli di bidang nya, tapi setidak nya kamu paham tentang A dan C ini”.

Dan sekarang adanya gw, lulus dengan prediket sangat memuaskan sebagai seorang Sarjana Sosial, tak lepas dari campur tangan beliau.

Februari 2011

Bulan penuh cinta, cinta meminang ku, pacar pertama ku dapat 🙂

Yey punya pacar. Seorang pria yang cukup baik buat gw, sabar buat gw dan yang pasti sesuatu banget lah karna bisa buat gw berkata “Ya” dan ntah atas apa gw menerima dia. Banyak yang kaget karena pria ini jauh dari bayangan pria yang gw inginkan. Kalau di tanya kenapa gw bisa terima dia, gw juga ga tau, semacam ada magic dan hipnotis hahahaha…

Dan gw seneng banget, karena gw yakin dia yang pertama dan yang terakhir 🙂

Maret 2011 – Juni 2011

Bulan di mana gw belajar banyak…

Di bulan-bulan ini gw lagi berjuang menuntaskan skripsi, menenun sebuah garis lengkung untuk bokap gw. Saat pengerjaan skripsi ini terus terang saja gw ingin menyerah, rasanya gw ga mampu menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu, dan lagi-lagi karna dukungan dosen gw itu, gw kembali bangkit menyelesaikan skripsi ini.

Tentu saja bokap gw menjadi motivasi terbesar gw dalam pengerjaan skripsi ini. Pernah pada satu titik gw bener-bener ga mampu, gw nangis sampe sesunggukan padahal ga lagi nonton drama korea. Menurut gw sesedih-sedihnya drama korea, lebih sedih lagi drama pengerjaan skripsi gw. Tapi thanks God, gw masih ada dosen pembimbing yang cukup sabar, walaupun belian ada jadwal badminton, tapi beliau sempatkan waktu di luar jam kampus untuk cek skripsi gw. Dan juga temen-temen gw yang siap menampung keluh kesah gw selama pengerjaan skripsi ini.

Oh ya.. di bulan April 2011 gw kehilangan Chevi, kaleng kotak hitam yang setia menemani gw selama delapan tahun terpaksa gw jual setelah ia pulih dari koma. Chevi di beli sama tetangga belakang rumah, dan Bang Toyib adalah gantinya. Pertama gw ga begitu suka dengan bang Toyib, kami tidak akrab di bulan pertama, tapi setelah beberapa saat gw mulai menyanyangi bang Toyib :).

Mei 2011… Juni 2011…. Tanggal 10, waktu nya gw sidang skripsi. Gw sadar betul skripsi gw bukan sesuatu yang wah, tapi setidaknya hargai perjuangan gw lah ya sama Dosen gw yang maha baik dan bijaksana itu. Sidang di tutup dengan derai air mata dan gw pengen lompat (lompat). Setelah presentasi, pertanyaan pertama yang muncul adalah “lala, kamu ini pacar nya Edy ya?” *lempar laptop*

Setelah itu mulai serius, dan usai sidang keputusan yang di berikan adalah gw ga lulus. *mata terbelalak, megap-megap kaya ikan, bawaannya pengen salto sambil ngemut lollipop* . gw serahin HP gw minta tolong penguji telpon bokap gw dan kabarkan klo gw ga lulus, ternyata eh ternyata gw di kerjain. Satu ruang sidang gegap gepita menyambut keberhasilan mereka ngerjain gw. Dan gw???? Megap-megap lagi x.x

Juli 2011

COP di mulai dan perjalanan cinta gw berakhir … (awal yang baik)

Setelah lulus dan berhasil meminang S.Sos, gw meresmikan diri ikut jadi volunteer COP, sebuah program pengabdian masyarakat yang menyangkut orang-orang dari Indonesia, Korea, Hongkong, Jepang dan Belanda :*

Move ke Kediri selama hampir tiga minggu, yah dalam hati “duh pisah ama cowok gw” T.T

Tapi ya memang Tuhan minta gw pisah secara harafiah. Gw merasakan ada yang ga beres dengan hubungan gw. Dia ga lagi semesra dulu, dan gw? Ga mau bertahan lama-lama dengan hal-hal yang mulai ga beres. Gw angkat bicara, dan setelah mendengarkan penjelasan nya yang gak masuk akal (buat gw) kita resmi putus!!! Dan apa yang terjadi? Gw nangis sesunggukan kaya janda di tinggal mati lelaki terkaya di dunia yang mencintainya apa ada nya. Ga percaya? Ada saksi hidup nya kok. :D. nangis parah, suara ilang, mata sembab ngalah-ngalahin pak SBY T.T. Tetapi untung lah, Tuhan sungguh baik lepas dari yang lokal, yang interlokal pun bersambut. Gw berasa sedikit leluasa dalam bergaul dengan orang-orang. Hanya butuh waktu sekitar dua ato tiga hari untuk gw pulih dari patah hati ini. Setelah itu “I’M BACK”

Agustus 2011

Kado Terindah 🙂

Putus dari cowok gw, segudang rencana yang mau gw jalanin di agustus ini pun terpaksa di beri lambaian tangan “Bye bye”. Tapi di balik sebuah kisah sedih akan ada sebuah cerita indah yang lebih bagus dari kisah sedih yang biasa menguras air mata.

Ow ya.. kenapa gw bilang Agustus ini kado terindah? Yang pertama gw ulang tahun, yang kedua gw di wisuda J. Moment kebanggan yang di tunggu ama bokap gw.

Tanggal 4 Agustus 2011, gw ulang tahun. Gw ngerayainya dengan temen baru gw orang Belanda itu. Siapa sangka dia yang mengobati sakit hati gw? Siapa sangka dia yang kasih kejutan di hari ulang tahun gw? Siapa sangka juga dia lah kejutan ulang tahun gw yang Tuhan kasih? Siapa yang menyangka? Gw jamin 100 % deh nyak babe lu juga ga nyangka kan lu baca blog gw??

Pokonya hari ulang tahun gw bener-bener deh cinta banget gw, hahaha ga bakal nyangka juga klo bakal ngerayain sama orang asing. Tapi sedihnya tepat sehari setelah gw ulang tahun, tanggal 5 nya mereka balik ke Belanda. Seharian itu nangis di bandara. Pagi-pagi buta jam 5 gitu anterin Bob ke bandara. Sepanjangan perjalanan gw mikir mau ngomong apa ya? Gw ga mau ini percakapan berakhir di bandara doank. Tapi diem pun suasana terasa aneh karena kita berdua terkenal cerewet ga bisa diem. Sampe di bandara setidak nya gw masih ada waktu dua jam lah nunggu dia masuk chek in, biasa nya klo gw nganter orang Cuma gw drop doank, ga gw tunggu sampe dia mau masuk chek in. Kali ini gw tungguin T.T gw ga mau dia pulang T.T.

Menjelang siang gw balik lagi ke bandara, kali ini Hyun yang bakal berangkat. Niat nya ga mau nangis, tapi apa daya. Rasa kehilangan itu ada, mewek lagi lah gw. Setelah Hyun chek in gw ga pulang. Ngendon di bandara karena sore nya bokap nyokap nyampe Surabaya.

Begitu mereka landing, dan hal pertama yang nyokap tanyakan adalah…..

“Kenapa lu jelek banget?”

6 Agustus 2011…

Gw lihat senyum itu 🙂

Dengan berat mata gw harus berangkat ke salon deket rumah, buat ngepas kebaya dan make up. Hari ini gw di wisuda!!! Resmi gw menikahi S.Sos, dan nyata pula gw liat senyum di wajah bokap gw. “Ini moment kebanggaan buat papa”

Kalimat singkat yang di ucapkan bokap gw yang biasanya tak banyak bicara. Semua kalimat kesumat yang buat gw sebagai tanda gw berhasil mengangkat satu beban bokap di antara sekian banyak beban yang lain 🙂

September 2011 – Desember 2011……

Hidup Sendiri, Penolakan, Penerimaan, Jatuh Bangun, Teman Baru dan Jangan Menyerah 🙂

Memasuki masa lebaran, si Mbak pulang dan sekaligus berhenti kerja (ya walopun pada akhirnya balik lagi). Dan oma pun akhirnya tinggal sama anak nya. Yes! akhirnya gw bener-bener sendirian di rumah. Segala sesuatu gw yang atur sendiri. Ini yang gw mau! tapi memasuki minggu kedua gw sendiri, gw mulai merasa bosan. Sendirian di rumah ga ada kerjaan dan ga ada teman bicara. Gw mulai mati kutu. Selesai masak, beres-beres, cuci nyapu ngepel dan gw pun ga ada kerjaan lagi dan saat nya gw tolah toleh kaya orang bego. Sepi. Dan satu hal yang gw dapet, gw bisa mandiri tapi gw ga bisa hidup sendiri :p

Menyelesaikan studi, memasuki dunia kerja. Cari-cari kerjaan. Tak kurang ada sekitar 13 perusahaan gw masukin lamaran. Sebagian ada panggilan interview, sebagian gw di abaikan dan sebagian gw tolak. Mulai dari Garuda Indonesia, Secapung Resort Bali, Sampoerna, Danone, Ts. Suite, Shangrilla Hotel, Mercure Hotel, JW Mariot, Urban Vibes, First State, Sekolah Buah Hati, SOGO, Bella Skin Care.

Sekalipun gw sudah mengenggam gelar Sarjana Sosial, itu bukan jaminan gw secara mudah bisa dapet kerjaan. Susah!!! Susah!!!

Tapi sesuatu yang susah kalau kita sisipkan sebuah sikap “jangan menyerah” itu pasti akan berhasil, ketika gw di tolak dengan perusahaan-perusahaan itu, gw sempet males untuk kembali mencari kerja. Tapi kalau ga cari kerja gimana gw hidup? Mau sampe kapan gw nadah tangan ama bokap nyokap gw? Cukup 23 tahun ini gw nyusahin mereka. Waktunya gw menafkahi hidup gw sendiri, tapi ga bohong juga, gw blom ada penghasilan gimana mau biayain hidup?. Akhirnya gw ga nyerah buat mencari pekerjaan, sabar, bedoa, dan akhirnya ada juga perusahaan yang nerima gw, Cuma blom mulai kerja sih, karna masih mikirin extend liburan buat karyawannya 😀

Skip dulu masalah cari kerjaan, di bulan-bulan ini gw juga dapet banyak temen baru. Cukup menyenangkan. Dan jujur saja semenjak gw putus dan menyandang status single (parent) #lho? XD. Semenjak gw memutuskan untuk menjomblo, gw serasa hidup kembali. Serasa ya ini lah gw yang sebenarnya, sesosok cewek dengan jiwa yang bebas. Pacaran itu ga selama nya enak (klo lu dapet pasangan yang ga cucok).

Dan ya mumpung gw single kayanya gw bakal make waktu-waktu gw ini lebih bijak deh, menghasilkan banyak karya yang bisa di uangkan!!!! HIDUP UANG!!!!! Hahahaha…

Tuhan emang ga tega liat gw sendirian :D….

Memasuki bulan Desember, itu artinya akan ada natal dan pergantian tahun. Gw pikir natal dan pergantian tahun kali ini gw akan sendiri, soalnya temen-temen yang lain udah pada punya pasangan dan kebanyakan mereka menghabiskan waktu sama keluarga. Kesendirian bukan sesuatu yang baru buat gw. Kami udah berteman akrab, ga di pungkiri juga klo kadang gw bosen sendirian :p.

Ternyata tanggal 22 seperti biasa, nyokap mendadak dateng. Nyokap stay sampe tanggal 28. Jadilah gw melewati natal bareng nyokap J. Tanggal 28 nyokap pulang, gw pikir wah tahun baru bakal sepi nih, eh tapi bener-bener Tuhan ga pengen gw sendirian. Menghabiskan malam tahun baru cukup seru, walopun pada akhirnya gw menyambut tahun baru dengan krisis seuangan yang cukup akut.

Malam tahun baru gw habiskan bareng tetangga gw si Edoy. Janjian ketemuan ama temen-temen yang lain di Ciputra World, dan lagi-lagi gw dapet temen baru :p. Kita seru-seruan di bar, tiup terompet, joget-joget, terompet fight, foto-foto. Having so much fun lah, dan kami pulang dengan kepala pusing @.@.

2011 mengawali tahun dengan baik dan menutup tahun dengan syukur. Menyambut yang baru dengan keceriaan:) menjalaninya dengan suka cita. Happy new year all, wish all of you have a great new year 🙂

Leave a Reply

